Bisnis GOTO Bakal Makin Terpacu oleh Layanan Pesan GoFood di Tokopedia

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kehadiran llayanan pesan antar makanan GoFood di platform Tokopedia saat ini diyakini akan semakin memperkuat fundamental bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ke depannya.

Inovasi ini dinilai sebagai langkah nyata sinergi ekosistem dan cross-selling dari perusahaan digital terbesar di Indonesia ini.

Analis pasar modal yang juga Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, menyatakan kehadiran layanan GoFood di Tokopedia merupakan wujud kerjasama strategissejalan dengan upaya penguatan ekosistem yang sejak awal ditetapkan manajemen GOTO untuk menjangkau konsumen lebih luas sekaligus menciptakan pengalaman baru kepada masyarakat.

Baca juga: GoPay Berpeluang Jadi Kontributor Utama Perolehan Laba GOTO

”Ini langkah untuk membangun ekosistem yang besar. Apalagi Tokopedia ini nggak main-main karena hampir menjadi SuperApps juga. Apapun tersedia di sana. Dengan adanya GoFood, belanjanya di Tokopedia, pengirimannya pakai Gojek. Nah di tengah-tengah itu ada bayar dong tentunya, itu pakai layanan grup mereka juga. Kebayang betapa besarnya,” ungkapnya dalam keterangan pers tertulis, Senin (15/8/2022).

Nico menjelaskan, sinergi ini juga akan membuat GoFood yang selama ini merupakan pemimpin pasar layanan pesan antar makanan online menjadi semakin kuat. ”Pasti semakin kuat karena yang belum install aplikasi GoFood pun bisa pesan lewat aplikasi Tokopedia,” kata Nico.

Hasil riset JAKPAT yang dirilis Juli 2022 menyatakan, GoFood menjadi pemimpin sebesar 61 persen sebagai layanan yang paling banyak digunakan.

Sementara itu, riset Tenggara Strategics yang diterbitkan pada Juni 2022 menyebutkan bahwa GoFood adalah penyedia layanan pesan antar makanan online yang paling diingat (top of mind) konsumen serta menghasilkan tingkat pembelanjaan terbesar di industri.

”Ekosistem seperti apa yang disukai dan dibutuhkan masyarakat, untuk memberikan experience (pengalaman) baru, nah ini dijangkau oleh GOTO dengan cara jemput bola,” ungkapnya.

Aksi GOTO ini juga diharapkan berdampak positif kepada UMKM khususnya bidang kuliner sehingga semakin tumbuh. ”Sebenarnya sudah terlihat sejak pandemi ya dimana Gojek jadi kepanjangan tangan banyak masyarakat untuk belanja kebutuhan,” imbuhnya.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan