News  

5 Amalan Sunnah Sebelum dan Sesudah Sholat Idul Adha

Suara.com – Pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim disunnahkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha pada pagi hari. Pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha dikerjakan secara sendiri atau berjamaah di masjid maupun di tanah lapang. Namun, ada amalan sunnah sebelum  sholat Idul Adha yang perlu diperhatikan.

Terdapat beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan sholat Idul Adha. Simak amalannya berikut ini.

1. Mandi Wajib Sebelum Sholat

Umat muslim yang melaksanakan sholat Idul Adha disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. Umat muslim juga dapat melakukan mandi wajib atau mandi keramas untuk menghapus hadas besar dan hadas kecil. 

Baca Juga:
Bolehkah Niat Kurban Sekaligus Akikah Digabung? Ini Penjelasan Hukumnya

Diriwayatkan dari Ibnu Majah, “Bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha”. Adapun bacaan niat mandi wajib Idul Adha sebagai berikut:

“Nawaitu wusla li’aydil adh-ha sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat mandi untuk menghadiri sholat Idul Adha sunnah karena Allah ta’ala.”

2. Mengenakan Wewangian dan Pakaian Terbaik

Dalam beberapa riwayat hadist menyatakan bahwa Rasulullah SAW mengenakan wewangian dan pakaian terbaik saat hendak berangkat sholat Idul Fitri maupun Idul Adha. Dari Jabir bin Abdillah ra, “Rasulullah SAW mempunyai jubah sangat bagus yang selalu beliau pakai pada dua hari raya dan hari Jumat.” (HR. Ibnu Abdil Bar dan Ibnu Khuzaimah).

Baca Juga:
3 Cara Menyimpan Daging Kurban Selain di Kulkas, Gampang Banget!

Sementara itu ada riwayat Al Hakim, dari Al Hasan bin Ali ra, beliau berkata, “Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya.” (HR. Al-Hakim).


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan