News  

Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2022? Ini Bacaan Niat Puasa Muharram

Suara.com – Puasa Tasua dan Puasa Asyura merupakan dua puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim pada bulan Muharram.

Diketahui bahwa amalan puasa Muharram merupakan puasa yang diutamakan oleh Rasul setelah puasa Ramadhan. Kalau Anda berniat puasa Tasua dan Asyura 2022 di bulan Muharram ini, silahkan ketahui jadwal kapan puasa tasua dan asyura 2022 di bawah ini.

Jadwal Puasa Tasua dan Ayura 2022

Pada tahun 2022, Jadwal puasa Tasua jatuh pada tanggal 7 Agustus 2022 berdasarkan kalender nasional dan jika berdasarkan kalender Islam, jatuh pada tanggal 9 Muharram.

Baca Juga:
3 Keutamaan Bulan Muharram Menurut Sunnah: Pahala Amalan Dilipatgandakan

Sementara jadwal puasa Asyura jatuh pada tanggal 8 Agustus 2022 berdasarkan kalender nasional dan jika berdasarkan kalender Islam, jatuh pada tanggal 10 Muharram.

Niat Puasa Tasua dan Asyura 2022

Menjalankan puasa, apapun jenis puasanya, termasuk puasa Tasua dan Asyura 2022, harus dimulai dengan membaca niat puasa. Adapun niat puasa tasua adalah sebagai berikut lafadz bunyinya,

Nawaitu Souma fii Yaumi Tasu’a Sunnatan Lillaahi Ta’ala 

Artinya:Sahaja aku berniat puasa sunat hari Tasua esok hari kerana Allah ta’ala.

Baca Juga:
Doa Qunut Subuh Pendek dan Artinya yang Dibaca saat Sholat Subuh

Adapun niat puasa Asyura 2022 adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya:Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.

Amalan Saat Puasa Tasua dan Asyura 2022

Selama menjalankan puasa Tasua dan Asyura, para ulama menyarankan agar kita memperbanyak amalan saleh. Adapun amalan saleh yang dianjurkan antara lain:

1. Membaca Al-qur’an

Perbanyak bacaan juz Al-Qur’an pada masa menjalankan puasa Tasua dan Asyura. Hal ini akan meningkatkan pahala yang kita terima dari Allah SWT dan karena lebih banyak membaca Al-Qur’an, waktu yang kita miliki pun menjadi waktu yang produktif.

2. Perbanyak dzikir

Amalan kedua yang disarankan untuk dilaksanakan adalah memperbanyak dzikir. Bacaan dzikir bermanfaat untuk menenangkan hati dan pikiran, sehingga kita selalu sadar ada Allah SWT di kehidupan kita dan tidak takut untuk menghadapi kehidupan. Kita juga dapat menjadi lebih tenang selama memecahkan masalah.

3. Perbanyak sedekah

Dianjurkan untuk memperbanyak sedekah pada saat puasa Tasua dan Asyura. Sedekah tidak hanya membuat orang yang menerima sedekah bahagia tapi juga menyelamatkan hati kita dari rasa sombong dan angkuh.

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura 2022

Keutamaan amalan puasa sunnah tasua dan asyura 2022 antara lain sebagai berikut:

1. Mendapatkan pahala puasa di bulan Muharram

2. Mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW

3. Kita dapat menebus dosa-dosa kecil dan jika memiliki dosa-dosa besar, Allah akan mengangkat derajat orang tersebut di sisi-Nya

4. Bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas pertolonganNya dan rejeki yang sudah kita nikmati selama ini

5. Menghormati Nabi Musa, karena kedua puasa ini berhubungan dengan peristiwa Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, sehingga Musa berpuasa pada hari tersebut untuk mensyukuri bantuan Allah SWT terhadap kaumnya.

Demikian itu uraian tentang kapan puasa Tasua dan Asyura 2022 dilaksanakan. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan