Astra International (ASII) Usulkan Dividen Final Tahun 2022 Rp552 per Saham

Astra International (ASII) Usulkan Dividen Final Tahun 2022 Rp552 per Saham

tribun-nasional.com – JAKARTA, PT Astra International Tbk (ASII) mengusulkan pembagian dividen final tahun buku 2022 sebesar Rp552 per saham. Jika dihitung berdasarkan jumlah saham yang beredar (per 31 Januari 2023), maka nilai tersebut setara Rp22,34 triliun.

Corporate Secretary ASII, Gita Tiffani Boer, mengatakan usulan tersebut akan diajukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022 yang dijadwalkan pada April 2023.

“Direksi perseroan merencanakan untuk mengusulkan dividen final yang lebih tinggi, yaitu sebesar Rp552 per saham,” kata Gita, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/2/2023).

Adapun nilai dividen final yang diajukan tersebut akan melengkapi dividen interim ASII sebesar Rp88 yang telah dibagikan pada Oktober 2022. Sehingga total dividen yang akan diusulkan untuk tahun 2022 menjadi Rp640 per saham.

Gita menambahkan bahwa usulan tersebut didasarkan atas tingginya harga batu bara pada tahun 2022, yang memungkinkan anak perusahaan Astra, PT United Tractors Tbk (UNTR) untuk mengusulkan kepada RUPST UNTR terkait pembagian dividen yang lebih tinggi.

“Perlu dicatat bahwa kepastian mengenai jumlah dividen yang akan dibagikan ini akan tetap tunduk pada adanya persetujuan RUPS perseroan,” ungkap Gita.

Sebagaimana diketahui, sepanjang 2022, ASII menganggarkan belanja modal dan investasi konsolidasian sebesar Rp26,4 triliun. Angka ini naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Adapun perseroan berencana akan menginvestasikan modal yang signifikan di pasar domestik. “Sejalan dengan prioritas strategis perseroan, melalui pertumbuhan dan akuisisi organik,” tutur Gita.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News