Revitalisasi Keraton Surakarta dimulai usai Perayaan Sekaten 2023

Revitalisasi Keraton Surakarta dimulai usai Perayaan Sekaten 2023

Solo – Revitalisasi Keraton Surakarta Hadiningrat bakal dimulai usai perayaan Sekaten yang tuntas pada 8 Oktober 2023. Ketua Eksekutif Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Surakarta Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabhumi mengatakan revitalisasi akan dilaksanakan di kawasan dalam alun-alun utara tanpa mengganggu aktivitas para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar alun-alun.

"Jadi belum menyentuh apa-apa, artinya tidak ada masalah bagi PKL," kata KP Eddy Wirabhumi.

Ia menambahkan, revitalisasi alun-alun selatan yang lebih banyak digunakan para PKL belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, ia juga meminta pemda untuk tidak perlu khawatir karena para PKL di alun-alun selatan pun satu komando dengan pihak pengelola, yakni Keraton Surakarta.

Selanjutnya, untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung setiap PKL yang berjualan di alun-alun akan diminta untuk melengkapi fasilitas transaksi nontunai. Pihak Keraton Surakarta pun telah melakukan komunikasi dengan perbankan BUMN untuk pemberdayaan pelaku UMKM.

"Harapannya dari perbankan memberikan pemberdayaan kepada PKL setelah selesainya proses revitalisasi," ujar KP Eddy Wirabhumi.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan revitalisasi alun-alun Keraton Solo akan dimulai pada pertengahan bulan depan. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan dan pihak Keraton Surakarta terkait pemindahan sementara PKL.

"Sudah dikondisikan, (pemindahan PKL menjadi tanggung jawab) keraton," ungkap Gibran Rakabuming Raka.