Irjen Kementan: Ekspor Pertanian Indonesia terus meningkat

Irjen Kementan: Ekspor Pertanian Indonesia terus meningkat

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Republik Indonesia Jan Samuel Maringka menyatakan bahwa sektor pertanian adalah satu-satunya sektor yang bisa menyelamatkan bangsa ini. Hal ini ditegaskan saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Ketahanan Pangan di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa nilai ekspor sektor pertanian dari 2019 hingga 2022 terus meningkat. Hal ini dapat menopang perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa tantangan utama pertanian yang dihadapi adalah perubahan iklim, el nino, ancaman alih fungsi lahan pertanian serta kurangnya minat generasi muda pada bidang pertanian.

Untuk menghadapi ancaman tersebut, Menteri Pertanian telah mencanangkan Gerakan Nasional Penanganan Dampak El Nino pada 10 provinsi di 100 kabupaten seluas 500.000 hektare. Selain itu, komitmen para kepala daerah juga sangat penting untuk memberi perlindungan dan keberpihakan pengelolaan dana desa berbasis pertanian.

Jan Samuel Maringka menyatakan bahwa sektor pertanian adalah satu-satunya yang bisa menyelamatkan bangsa ini. Hal ini ditegaskan saat membuka Rakorwas Ketahanan Pangan di Kota Pangkalpinang, Rabu (5/5). Ia menjelaskan bahwa nilai ekspor pertanian terus meningkat dari 2019 hingga 2022, yang dapat menopang perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat.