News  

Bacaan Doa Qunut dan Artinya untuk Salat Subuh

Suara.com – Qunut adalah doa yang biasa diamalkan oleh sebagian besar umat Umat Muslim saat melaksanakan ibadah sholat Subuh. Doa Qunut dibacakan saat rakaat kedua setelah rukuk sebelum sujud pada sholat Subuh. Adapun bacaan doa qunut dan artinya yakni sebagai berikut.

Diketahui, amalan membaca doa qunut ini selain dibaca saat salat subuh, bisa juga dibaca saat salat pada pertengah bulan Ramadhan atau malam ke 15 di bulan Ramadan. 

Biasanya bacaan doa qunut ini dibacakan saat berjamaah. Umumnya imam membacanya dengan suara keras hingga terdengar oleh makmum dan makmum kemudian mengaminkan.

Lantas, bagaimana bunyi bacaan doa qunut? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini bacaan doa qunut dan artinya.

Baca Juga:
Doa Qunut Subuh Pendek dan Artinya yang Dibaca saat Sholat Subuh

Bacaan Doa Qunut dan Artinya

Allahummahdini fi man hadait, wa ‘afini fi man ‘afait, wa tawallanî fi man tawallait, wa barikli fi ma a‘thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man walait, wa la ya‘izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta‘alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam

Artinya: “Ya Allah tunjukkanlah kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka, sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka, sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Anjuran membaca doa qunut ini tertuang juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abd Raziq yang bunyinya sebagai berikut:

“Anas bin Malik menyebutkan, ‘Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada salat subuh sampai beliau meninggal dunia.”

Baca Juga:
Doa Qunut Subuh dan Artinya, Bacalah di Rakaat Kedua Sholat Subuh

Demikian informasi bacaan doa qunut dan artinya yang bisa diamalkan saat solat subuh dan salat witir pada pertengan bulan Ramadhan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan