News  

Buka Olimpiade Informatika Internasional, Mendikbud Nadiem: Kami Telah Mendapatkan Kepercayaan

Suara.com – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendiburistek) Nadiem Makarim membuka acara International Olimpiad in Informatic (IOI) atau Olimpiade Informatika Internasional di Yogyakarta pada Selasa (9/8/2022).

Dalam sambutannya, Nadiem mengatakan rasa syukur sekaligus kehormatan bagi Indonesia karena dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan IOI.

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Indonesia karena kami telah mendapat kepercayaan, untuk menjadi tuan rumah dari IOI salah satu olimpiade sains tingkat dunia yang tertua dan terbesar khususnya karena pada tahun ini kita bisa menyelenggarakan online setelah dua tahun diadakan secara daring karena situasi pandemi,” ujar Nadiem dalam sambutannya yang disiarkan dari Youtube Kemendikbud, Selasa (8/8/2022).

Nadiem menuturkan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah IOI ke-34 semakin menggarisbawahi kemampuan dan kemampuan Indonesia untuk memimpin pemulihan dunia.

Baca Juga:
Nadiem Buka Acara Olimpiade Informatika Internasional: Kebanggaan Bagi Indonesia

“Hari ini disini semakin menggarisbawahi kemampuan dan komitmen Indonesia memimpin pemulihan dunia,” katanya.

Lanjut Nadiem, penyelenggaraan IOI ke 34 bertepatan dengan Presidensi Indonesia di G20.

Karena itu, pihaknya mengajak negara-negara anggota G20 untuk bergotong-royong memulihkan dan mentransformasi pendidikan terutama menyiapkan pelajar menghadapi tantangan masa depan

“Saya pun yakin semua di sini setuju bahwa di masa depan, teknologi informasi akan berkembang dan berekspansi dengan jauh lebih cepat dan jauh lebih masif sehingga kita sangat membutuhkan talenta digital yang cerdas dan kreatif dan mampu berkolaborasi dengan semangat kebhinekaan tujuan itu sekarang menjadi prioritas merdeka belajar,” ucap dia.

Lebih lanjut, Nadiem menyebut pihaknya tengah mengupayakan untuk memfasilitasi manajemen talenta.

Baca Juga:
Nadiem Makarim Ungkap Sekolah Dasar Memegang Peran Penting Untuk Tanamkan Kebiasaan Hidup Sehat Sejak Dini

Kemendikbudristek, kata Nadiem, tak hanya mendorong pelajar untuk menunjukkan prestasinya. Tetapi juga mendapatkan apresiasi yang lebih luas terkoneksi dengan jaringan-jaringan talenta lain sehingga anak-anak Indonesia bisa terus berkarya dan berprestasi.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan