Gelar Coaching Clinic KUR Sektor Parekraf di Medan, Kemenparekraf dan BRI Salurkan Pembiayaan Rp2,05 Miliar

Gelar Coaching Clinic KUR Sektor Parekraf di Medan, Kemenparekraf dan BRI Salurkan Pembiayaan Rp2,05 Miliar

tribun-nasional.com – MEDAN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI melaksanakan Coaching Clinic Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sektor Parekraf pada Kamis (20/10/2022) di Hotel Four Points, Kota Medan secara hybrid.

Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Asisten Deputi Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Regional CEO BRI Medan dan Koordinator Perbankan Kemenparekraf/Baparekraf.

Adapun tujuan dari kegiatan Coaching Clinic KUR Sektor Parekraf di Medan, Sumatera Utara ini untuk mempertemukan Lembaga keuangan perbankan dan pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendapatkan fasilitas akses pembiayaan melalui Program KUR dan sekaligus mendapatkan informasi tentang tata cara pengajuan program KUR, sehingga dapat membangkitkan kembali UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ke depannya yang lebih cerah dan tentunya dapat berdaya saing.

Coaching Clinic KUR Sektor Parekraf di Medan berlangsung satu hari dihadiri oleh 80 peserta dan acara diawali dengan penyerahan secara simbolis tiga pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif penerima KUR dari BRI dengan masing-masing pelaku mendapatkan fasilitas pembiayaan KUR sebesar Rp100 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam arahannya melalui tapping video, menuturkan bahwa pada tahun 2022, menurut Bank Dunia diperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,2 persen, seiring dengan perekonomian dunia yang berangsur membaik dan terkendalinya Pandemi Covid-19.

Optimisme tersebut didasari dengan adanya sinyal pemulihan indikator ekonomi Indonesia, dimana salah satunya yaitu lapangan tenaga kerja yang berkualitas di sektor Parekraf yaitu sebanyak 1,1 juta yang ditopang oleh subsektor kuliner, kriya dan fashion. Sementara untuk program KUR Sektor Parekraf selama tahun 2021 telah tersalurkan kepada 3,4 juta pelaku parekraf dengan total nilai KUR senilai 129 Triliun.

Dalam arahannya, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky H.P Manurung menyampaikan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia.

“Melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI), diharapkan akan semakin memiliki daya tahan dan bertumbuh kembang” ujar Henky dalam keterangannya dikutip, Jumat (21/10/2022).

Editor : Aditya Pratama