Karhutla Taman Nasional Baluran berhasil dikendalikan pada hari kelima

Karhutla Taman Nasional Baluran berhasil dikendalikan pada hari kelima

Arenafakta.com

Alhamdulillah petugas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, berhasil mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Baluran di kawasan wisata alam setelah lima hari berjuang. Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan menyebutkan bahwa luas kebakaran hutan dan lahan selama lima hari itu adalah sekitar 180 hektare.

Selain itu, para petugas juga telah membuat ilaran api atau jalur bersih menghambat perambatan api sepanjang 9 kilometer di sisi barat dan selatan gunung. Meskipun titik api karhutla sudah bisa dikendalikan, petugas taman nasional bersama dengan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) masih akan terus memantau karena khawatir muncul titik api baru di lereng gunung.

Mereka memadamkan api menggunakan peralatan pemadam kebakaran tradisional yakni gepyok dan jet shooter. Direktur Jenderal Penegakan Hukum pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga telah melakukan tinjauan langsung kebakaran hutan dan lahan di Gunung Baluran.

Objek wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo telah ditutup sementara pada 25-30 September 2023 karena akses jalan satu-satunya digunakan petugas taman nasional untuk operasional dan mobilisasi petugas mengatasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan wisata itu. Alhamdulillah hingga petang ini api sudah bisa dikendalikan.