Kinerja 2022 Cemerlang, United Tractors Usul Bagi Dividen Final Rp6.185 per Saham

Kinerja 2022 Cemerlang, United Tractors Usul Bagi Dividen Final Rp6.185 per Saham

tribun-nasional.com – JAKARTA, PT United Tractors Tbk (UNTR) mengusulkan membagikan dividen final tahun buku 2022 sebesar Rp6.185 per saham. Nilai dividen ini bakal diusulkan direksi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada April 2023.

Melansir keterbukan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), dividen final yang akan diusulkan bersama dengan dividen interim Rp818 per saham, yang telah dibagikan pada Oktober tahun lalu. Ini akan menjadikan total dividen yang diusulkan untuk 2022 menjadi Rp7.003 per saham.

“Perlu dicatat bahwa kepastian mengenai jumlah dividen yang akan dibagikan ini akan tetap tunduk pada adanya persetujuan dari RUPST perseroan,” kata Sekretaris Perusahaan UNTR Sara K. Loebis dalam keterangannya di keterbukaan informasi, dikutip Selasa (28/2/2023).

Dia menuturkan, usulan direksi UNTR atas dividen final yang lebih tinggi tersebut didasarkan atas profitabilitas perseroan yang sangat baik, yang didukung tingginya harga batu bara tahun lalu. Itu mendorong kinerja operasional UNTR semakin solid.

Perseroan menyakini fundamental operasional dan kondisi neraca yang kuat, akan memungkinkan perseroan menyalurkan modal di Indonesia dan mempercepat strategi transisi. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan bisnis nonbatu bara, serta mengembalikan sebagian excess capital kepada pemegang saham.

Sekadar informasi, UNTR pada tahun lalu mengantongi pendapatan bersih sebesar Rp123,6 triliun atau meningkat 56 persen dibanding 2021. Naiknya pendapatan mendorong laba bersih perseroan melesat 104 persen menjadi Rp21 triliun pada 2022 dari tahun sebelumnya Rp10,3 triliun.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News