Pengamat sebut pedoman bangunan cerdas di IKN merupakan terobosan

Pengamat sebut pedoman bangunan cerdas di area IKN merupakan terobosan

Arenafakta.com

Universitas Andalas Akhmad Suraji melihat penerbitan Pedoman Bangunan Cerdas oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) demi pembangunan IKN Nusantara sebagai terobosan yang luar biasa. Akhmad mengungkapkan bahwa di berbagai negara sudah mulai banyak yang menerapkan bangunan cerdas dan hijau dalam konstruksi gedung-gedung di perkotaan.

“Konsep kota cerdas telah menjadi landasan penting bagi perkembangan perkotaan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, kehadiran bangunan cerdas di kawasan IKN akan menjadi tonggak penting dalam menggalang masa depan yang berkelanjutan,” ujar Akhmad Suraji, Pengamat Infrastruktur Universitas Andalas.

Untuk membantu para profesional industri, pengambil kebijakan, serta pemangku kepentingan terkait, OIKN sudah menerbitkan Buku Panduan Bangunan Cerdas. Buku panduan ini memiliki tujuan utama untuk memberikan panduan praktis dalam menghadapi kompleksitas dan tantangan pembangunan bangunan cerdas.

Pemanfaatan teknologi dan inovasi untuk merancang dan membangun bangunan cerdas memiliki manfaat yang luas. Bangunan cerdas memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, mengoptimalkan kenyamanan penghuni, dan mengurangi emisi karbon sebagai dampak negatif terhadap lingkungan.

Akhmad Suraji, Pengamat Infrastruktur Universitas Andalas menyatakan bahwa penerbitan Pedoman Bangunan Cerdas oleh OIKN demi pembangunan IKN Nusantara merupakan terobosan yang luar biasa untuk membangun masa depan berkelanjutan.