Politisi Ini Bangun Pasar Bersih untuk Bantu Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Politisi Ini Bangun Pasar Bersih untuk Bantu Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

tribun-nasional.com – JAKARTA, Memiliki latar belakang sebagai tenaga medis tidak menjadikan Muhajir berhenti untuk mempelajari hal lain, salah satunya kewirausahaan. Wakil Ketua Bidang UMKM dan Koperasi DPW Partai Perindo Jawa Tengah itu bahkan sempat menjadi dosen yang mengampu mata kuliah kewirausahaan dan memiliki Klinik Pratama.

“Gimana bisa tenaga medis tapi mengajar kewirausahaan? Artinya kan saya mengajarkan kepada para perawat untuk melihat peluang yang terbuka lebar,” ujar Muhajir dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (28/2/2023).

Kewirausahaan menjadikan Muhajir dekat dengan para pedagang kecil. Dia kerap memperhatikan beberapa pelaku usaha mikro dan kecil yang menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan. Dari kondisi tersebut, Muhajir memiliki inisiatif untuk membangun pasar mandiri.

Dari yang awalnya hanya membangun 2 sampai 3 los pasar dan memiliki 10 pedagang, sampai berkembang menjadi 150 pedagang hanya dalam jangka waktu 1 tahun.

“Hasil retribusi pedagang dikembalikan lagi ke mereka, salah satunya untuk membangun los. Animo pedagang yang berminat berjualan di pasar ini sangat tinggi. Makanya saya mengatakan ke tim pengelola, kita tidak akan ambil keuntungan selama 2-3 tahun ke depan. Hanya fokus untuk membangun dan memberdayakan mereka,” kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News