News  

Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek dan Artinya, Mudah Dihafalkan

Suara.com – Qunut adalah amalan yang disunahkan ketika sholat. Merangkum NU Online, qunut dibagi menjadi tiga, yaitu qunut subuh, qunut witir pada separuh akhir Ramadhan, dan qunut nazilah.  Berikut doa qunut subuh pendek yang mudah kita amalkan.

Imam Al-Nawawi dalam Al-Adzakar mengatakan “Qunut sholat subuh disunahkan berdasarkan hadis sahih dari Anas bahwa Rasulullah SAW selalu qunut sampai beliau meninggal. Hadits riwayat Hakim Abu Abdullah dalam kitab Arba’in. Ia mengatakan, itu hadis sahih,” (Muhyiddin Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkar, Beirut, Darul Fikri, 1994, hal. 59).

Hukum qunut subuh adalah sunah muakkadah, yaitu meninggalkannya tidak membatalkan sholat, tapi dianjurkan sujud sahwi, baik ditinggalkan sengaja atau tidak. 

Doa Qunut Subuh Pendek

Baca Juga:
Bolehkah Tidak Baca Doa Qunut Saat Sholat Subuh? Bagaimana Hukumnya?

Doa qunut pendek jika sholat subuh sendiri:

“Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.”

Jika sholat subuh berjamaah, imam dianjurkan mengubah lafal “ihdinî” menjadi “ihdinâ”, karena dalam pandangan Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in dimakruhkan berdoa untuk diri sendiri pada saat doa bersama. 

“Dimakruhkan bagi imam berdoa khusus untuk dirinya sendiri pada saat doa qunut karena ada larangan tentang hal itu. Karenanya, hendaklah imam membaca ‘ihdina,’” (Zainuddin Al-Malibari, Fathul Muin, Jakarta, Darul Kutub Al-Islamiyyah, 2009 M, hal. 44).

Ketika membaca doa qunut, imam diasarankan untuk melantangkan suaranya yang diikuti dengan kata ‘Aamiin’ oleh makmum. Saat melakukan doa qunut, dianjurkan mengangkat dua tangan seperti doa pada umumnya.

Baca Juga:
Doa Qunut Subuh Sendiri dan Berjamaah, Ada Perbedaan Bacaan!

Penjelasan penting lainnya terkait doa adalah jika kita berdoa tentang harapan dan permintaan, telapak tangan menghadap ke atas, sementara jika berdoa untuk tolak bala atau dijauhkan dari musibah, yang menghadap ke atas adalah punggung telapak tangan.

Cara Membaca Doa Qunut Subuh Pendek

Doa qunut subuh pendek ini bisa Anda amalkan usai rukuk pada rakaat kedua shalat subuh. Caranya dengan mengangkat kedua telapak tangan seperti berdoa hingga bacaan doa qunut selesai.

Selain dibaca saat shalat subuh, doa qunut bisa juga dibaca saat shalat witir pada pertengahan bulan Ramadhan. Itulah dia qunut subuh pendek. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Kontributor : Rima Suliastini


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan