News  

Presiden Jokowi Kagumi Masjid Akbar Moed’har Arifin Gresik

JawaPos.com- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Akbar Moed’har Arifin, Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8) pagi. Dalam penandatanganan prasasti peresmian oleh Presiden itu juga disaksikan Ketua Yayasan Harfin Gosari Didik Pribadi Arifin dan Direktur Utama Polowijo Gosari Indonesia Deddy Harnoko Sucahyo (Koko).

Sejumlah jajaran direksi lain juga ikut hadir seperti Hermawan Jeffrivan dan Muhammad Rizky. Begitu juga ikut menyaksikan prosesi penandatanganan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berserta Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono.

Sebelum peresmian, Presiden bersama rombongan menyempatkan diri untuk berkeliling di dalam masjid. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga banyak bertanya tentang sejarah pendirian dan pemanfaatan masjid untuk masyarakat sekitar.

Bahkan, Jokowi juga sempat berfoto bersama di dalam masjid yang memang terlihat megah itu. ’’Ini masjid luar biasa,” kata Jokowi menyampaikan kekagumannya tentang Masjid Akbar Moed’har Arifin.

Masjid di jalur utama Daendels itu mulai dibangun pada 2018. Lalu, mulai digunakan 2020. Tempat ibadan itu dibangun atas prakarsa dua bersaudara H. Achmad Moed’har Syah dan H. Achmad Djauhar Arifin (almarhum), yang merupakan pendiri Polowijo Gosari Group.

Masjid Moed’har Arifin tersebut memang terlihat megah. Bisa menampung sebanyak 3.000 jamaah. Karena lokasinya strategis, masjid itu kerap dijadikan bagian dari rangkaian tempat para peziarah Wali Songo atau destinasi wisata religi dari seluruh Indonesia.

Ada beberapa hal unik dari kegiatan di Masjid Akbar Moed’har Arifin. Selain berfungsi seperti masjid pada umumnya, masjid ini juga selalu menyediakan makan bersama setiap habis salat Jumat. Juga, menyiapkan makan ringan dan minuman selepas salat Subuh.

Karena itu, tidak aneh, masjid dengan fasilitas setara hotel bintang lima itu selalu ramai dengan beragam kegiatan. Tentu saja, hal itu sesuai visinya. Yakni, menjadi masjid pemulia dan pemersatu muslim internasional.

’’Dengan peresmian masjid ini oleh Bapak Presiden Joko Widodo, kami berharap akan semakin memotivasi para pengabdi masjid Akbar Moed’har Arifin untuk melakukan yang terbaik dan teristimewa buat para jamaah,” tegas Didik Pribadi Arifin, ketua Yayasan Harfin Gosari yang menaungi masjid tersebut.

Suasana malam di Masjid Akbar Moed’har Arifin, Gresik. (istimewa)


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan