News  

Seluas 10 Ribu Hektare Kawasan Hutan di Barat Daya Prancis Terbakar

Suara.com – Hampir 10 ribu hektare hutan yang berada di kawasan barat daya Prancis terbakar pada Sabtu (16/7/2022). Luasan hutan yang terbakar di kawasan Gironde tersebut meningkat hingga 7.300 hektare pada Jumat (15/7/2022).

Akibat kebakaran hutan yang makin meluas, lebih dari 12.200 warga di wilayah tersebut dievakuasi pada Sabtu pagi.

Selain itu, lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan api, kata otoritas regional Nouvelle-Aquitaine dan Gironde dalam sebuah pernyataan.

“Mengingat kondisi cuaca dan risiko penting terjadinya kebakaran, pihak berwenang untuk sementara memblokir akses ke kawasan hutan untuk kegiatan profesional dan rekreasi,” kata pernyataan tersebut seperti dilansir Antara.

Baca Juga:
Titik Panas Meningkat Drastis, Sumbar Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan

Untuk diketahui, kebakaran hutan telah berkobar di Prancis selama beberapa pekan terakhir. Tak hanya di Prancis, beberapa negara Eropa lainnya seperti Portugal dan Spanyol juga mengalami hal serupa, karena suhu telah naik.

Kebakaran di sekitar Kota Teste-de-Buch di Gironde telah stabil, setelah melanda lebih dari 3.000 hektare sejak awal krisis.

Di kota terdekat Landiras, 6.500 hektare telah terbakar dan 2.200 orang dievakuasi. Sedangkan kobaran api terus menyebar semalaman, didorong ke barat daya oleh angin kencang.

“Kami memiliki api yang akan terus menyebar selama belum distabilkan,” kata Wakil Pejabat Pemerintahan Langon Vincent Ferrier di Gironde, saat konferensi pers pada Sabtu (16/7/2022). (Antara)

Baca Juga:
BMKG Peringatkan Angin Kencang dan Kebakaran Hutan dan Lahan di Manggarai Barat


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan