News  

Surya Darmadi Jadi Buron, Ini 10 Koruptor Lain yang Masih Berkeliaran Bebas

Suara.com – Surya Darmadi jadi perbincangan publik setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi penyerobotan lahan bersama mantan Bupati Indragiri Hulu (Inhu) periode 1998-2008, Raja Thamsir Rachman. Ia diduga melakukan korupsi dalam penyerobotan lahan di wilayah Riau melalui PT Duta Palma Group. 

Jika terbukti di pengadilan, kasus korupsi yang melibatkan Surya Darmadi akan menjadi yang terbesar di Indonesia dengan kerugian negara mencapai Rp 78 triliun. Namun hingga kini Surya Darmadi masih berstatus daftar pencarian orang (DPO). Bukan hanya Surya Darmadi, yuk simak daftar koruptor yang masih berkeliaran bebas berikut ini.

1. Harun Masiku

Harun Masiku. [dokumentasi demokrasi]
Harun Masiku. [dokumentasi demokrasi]

Hingga saat ini keberadaan Harun Masiku masih tak diketahui. Ia merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR terpilih periode 2019-2024. Harun Masiku telah meninggalkan Indonesia pada 6 Januari 2020 lalu dan menuju ke Singapura.

Baca Juga:
Sekda Bogor Ungkap Ade Yasin Tak Berikan Permintaan Khusus Soal WTP, tapi..

2. Ricky Ham Pagawak

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. (ANTARA/HO-Humas Reis Masella)
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. (ANTARA/HO-Humas Reis Masella)

Ricky Ham Pagawak menjadi buron KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap gratifikasi pelaksanaan proyek di pemerintahan Kabupaten Maberamo Tengah, Papua. Ketika hendak dijemput paksa oleh KPK dan Polda Papua, pria yang menjabat sebagai bupati ini menghilang dan hingga kini keberadaannya pun belum diketahui.

3. Izil Azhar

Izil Azhar adalah tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi pembangunan dermaga Sabang yang dibiayai APBN tahun 2006-2011. Ia sudah berstatus buron sejak 2018 lalu. Izil Azhar disebut sebagai orang kepercayaan mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Bersama Irwandi, Izil diduga menerima gratifikasi dengan total Rp 32 miliar.

4. Hendro Wiyanto

Baca Juga:
AMAN Terus Desak Suharso Mundur

Hendro Wiyanto adalah Dirut PT Anta Boga Delta Skuritas Indonesia. Bersama dengan Hartawam Aluwi, Hendro menggelapkan dana Bank Century dan merugikan negara sebesar Rp 3,11 triliun. Ia diberitakan sedang bersembunyi di Singapura dan masih berkeliaran bebas.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan